Raja Ampat Surga Dunia Yang Wajib di Kunjungi

Raja Ampat Surga Dunia Yang Wajib di Kunjungi

Pernah di benak kita terfikir berada di pinggir pantai dengan deburan laut yang masih bersih. Di laut lepas terdapat pulau-pulau dan terumbu karang yang indah, di tambah berbagai flora dan fauna yang menghiasi setiap mata memandang.

Udara segar dan langit biru seolah membuat gradasi antara langit dan laut.  Suara burung bersautan dan deburan ombak menjadi satu menambah suasana hati menjadi tenang. Kehidupan di bawah laut pun tidak kalah indahnya, ikan warna-warni dan terumbu karang semaking melengkapi ke indahan.

Raja Ampat Surga Dunia Yang Wajib di Kunjungi

Dari deskripsi di atas munggkin kita berfikir itu hanya ada di sebuah negeri dongeng, tapi jangan salah guys. Semua ini nyata bias kalian nikmati di Raja Ampat, Papua. Tepatnya berlokasi di Indonesia bagian barat, selain itu Papuan di kenal dengan tambang emas terbesar yang biasa orang kenal dengan PT Freeport.

Raja Ampat Surga Dunia Yang Wajib di Kunjungi

Raja Empat merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Papua Barat. Untuk pergi ke pulau tersebut, kita harus terlebih dahulu pergi ke kota Sorong. Setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan jalan laut menggunakan perahu cepat, biasanya ada perahu cepat yang memang bertujuan untuk trasportasi umum yang berlayar dua kali dalam satu hari. Perjalanan menuju Raja Empat biasanya menghabiskan waktu 2-3 jam dari kota Sorong.

Secara garis besar Raja Ampat terdiri dari berbagai pulau dan terumbu karang yang masih asri dan terjaga. Namun Raja Ampat memiliki empat pulau utama yang besar. Yaitu Pulau Batanta, Pulau Misool, Pulau Waigeo, dan Pulau Salawati.

Para peduduk di sana biasanya berprofesi sebagai nelayan. Menggingat Raja Empat merupakan daerah perairan yang masuk dalam 10 perairan terbaik di dunia. Di simpulkan berdasarkan kekayaan flora dan fauna yang masih asri dan terjaga.

Menurut hasil laporan dari badan konservasi internasional menyebutkan perairan Raja Ampat memiliki 75% flora dan fauna yang ada di dunia. Dan luas dari terumbu karang mencapai 4,6 juta hektar dari 540 jenis terumbu karang, dan hidup lebih dari 1,500 jenis kehidupan hewan laut.

Untuk keindahan alamnya pun tak perlu diragukan lagi, hamparan pasir putih dan keindahan tebing-tebing yang seakan berbaris di antar lautan. Dan jangan lupa berkunjung ke kawasan Piaynemo, Teluk Kabui yang juga memiliki kekayaan hutan tropis terbaik di dunia. Di sana terdapat dua desa yaitu desa Saporkrein dan desa Sawinggrai. Di sana kalian juga akan disungguhkan pengalaman melihat burung khas Papua, yaitu Cendrawasi.

Keindahan Raja Ampat

Raja Ampat Surga Dunia Yang Wajib di Kunjungi

Belum selesai dengan keindahan alam dan biota lautnya, Papua juga memiliki kekayaan budaya dan beberapa keseniaan yang bias kalian nikmati dan pelajari. Di sana terdapat beberapa kerajinan yang terkenal dengan anyaman dari daun pandan yang sudah dilakukan secara turun temurun.

Ada juga berbagai peningalan bersejarah dari kerajaan Tidore yang perlu kalian sambangi. Ada juga beberapa penduduk yang masih memilki darah keturunan kerajaan Tidoere Maluku. Pada bagian gua biasanya terdapat sebuah lukisan peninggalan manusia purba.

Betapa kayanya alam, budaya, dan sejarah di kepulauan Raja Ampat. Sehingga membuat kita semua bedecak kagum atas anugra Tuhan yang perlu kita lestarikan. Bagi kalian yang ingin dan memiliki rencana berlibur ke Raja Ampat membutuhkan persiapan fisik yang matang. Dan juga biaya yang tidak murah, karena menggingat akses menuju ke Raja Ampat tidak lah mudah

Berikut adalah rangkuman yang bisa kami berikan kepada kalian tentang Raja Ampat, jadi bagi kalian yang masih bingung menentukan destinasi liburan mungkin bisa menjadikan Raja Ampat sebagai tujuan berikutnya dan jangan lupa selalu menjaga alam dari anugera Tuhan Yang Maha Kuasa. Terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *